KEKUASAAN KEHAKIMAN KONSTITUSI
KEKUASAAN KEHAKIMAN KONSTITUSI
A.
Tinjauan
Umum Mahkamah Konstitusi di Beberapa Negara
Mahkamah
Konstitusi merupakan salah satu lembaga Negara yang melakukan kekuasaan
kehakiman yang merdeka untuk menyelenggarakan pengadilan guna menegakkan hukum
dan keadilan. Kekuasaan kehakiman
merupakan kekuasaan yang merdeka untuk menyelenggarakan peradilan guna
menegakkan hukum dan keadilan, terlepas dari pengaruh kekuasaan pemerintah. Untuk
memahami asas kekuasaan kehakiman yang merdeka, tidak terlepas dari doktrin
Montesquieu mengenai tujuan dan perlunya ‘pemisahan’ kekuasaan, yaitu untuk
menjamin adanya dan terlaksananya kebebasan politik anggota masyarakat negara.
Mahkamah Konstitusi juga merupakan satu-satunya lembaga sebagai akses untuk
mengajukan judicial review (peninjauan kembali) suatu peraturan undang-undang
atas UUD (konstitusi). keputusan untuk memasukkan judicial review di konstitusi
mencerminkan kebutuhan politik penyusun konstitusi.
Terdapat
5 dimensi utama pada sistem judicial
review yaitu akses ke pengadilan, efek dan waktu keputusan pengadilan
mekanisme kelembagaan untuk bertanggung jawab kepada lingkungan politik, jangka
panjang hakim konstitusi dan ukuran pengadilan. Negara-negara yang memungkinkan
pengadilan biasa untuk melakukan judicial
review secara eksklusif untuk alasan historis dikarenakan pengaruh hukum Anglo American. Hal ini didorong oleh
pertimbangan sejarah atau tradisi hukum, meskipun perlu dicatat bahwa
Negara-negara tersebut telah memilih solusi untuk pertanyaan sentraliasasi.
Misalnya pengadilan konstitusi Afrika Selatan benar-benar pengadilan banding
konstitusional, dan Mahkamah Agung India memiliki bangku konstitusi yang
ditunjuk. Akses ke pengadilan sangat terbatas, seperti pada dalam desain asli
model Austria tahun 1920 dimana hanya pemerintah Negara bagian dan federal yang
bisa membawa kasus ke pengadilan. Berbeda dengan desain Mahkamah Konstitusi
Jerman dimana tidak hanya badan politik tetapi individu dapat menikmati akses
langsung dengan petisi konstitusionaldan hakim dapat merujuk pada pertanyaan.
Konstitusi
India menjamin akses langsung ke Mahkmah Agung dengan pertanyaan-pertanyaan
hak-hak dasar dan memungkinkan pengadilan untuk mendengarkan laporan pertanyaan
sehingga yurisdiksinya jauh lebih luas dari Amerika yang yurisdiksinya terbatas
pada kasus-kasus konkrit. Seperti elemen lain dari desain kelembagaan akses
dapat berubah dari waktu ke waktu. Misalnya tahun 1974 amandemen konstitusi di
Perancis memperpanjang hak petisi kepada setiap kelompok deputi parlemen enam
puluh, yang memungkinkan pihak minoritas untuk menantang tindakan pemerintah
atas dasar konstitusi.
|
Sentralisasi
|
Desentralisasi
|
Akses terbuka
|
Jerman, Italia
|
Amerika, Canada, Jepang, Negara
skandinavia
|
Akses terbatas
|
Prancis, Austria 1920-1929.
|
|
Gambar
1: Jenis Judicial Review badan dan akses.
Gambar
1 menjelaskan tentang beberapa sistem utama judicial review, mengingat bahwa
campuran yang mungkin antara tipe ideal.
Akses
ke pengadilan mungkin adalah bahan yang paling penting dalam judicial review, karena pihak yang ingin
memanfaatkan Judicial review hanya
akan dapat melakukannya jika dapat membawa kasus ke pengadilan. kekuatan
politik dalam keseimbangan kasar akan berusaha untuk memaksimalkan akses ke
minoritas legislatif dan warga negara biasa untuk menyediakan asuransi dalam
hal kerugian pemilu. Hal ini dapat dicapai dengan memperluas akses ke
pengadilan bagi kelompok minoritas di lembaga legislatif atau warga biasa.
Perbedaan
lain adalah apakah pengadilan dapat mendengar pertanyaan konstitusional hanya
dalam konteks kasus hukum konkrit (seperti di Mahkamah Agung AS) atau apakah
dapat mempertimbangkan masalah konstitusi secara abstrak. Perancis Conseil Constitutioneel hanya dapat
mendengar masalah secara abstrak. Pengadilan Jerman dan Spanyol meninjau hal
yang bersifat abstrak dan konkrit. Dalam praktiknya perbedaan antara tinjauan
abstark dan konkrit tidak begitu penting tetapi merupakan konstruksi teoritis
yang banyak digunakan.
Sistem
judicial review juga dalam keputusan
terhadap undang-undang di kasus-kasus konkrit. Pengadilan Amerika terikat oleh
aturan stare decisis tidak sebenarnya
batal hukum yang mereka temukan inkonstitusional. Sebaliknya kasus-kasus
berikutnya harus mengikuti aturan dalam kasus-kasus sebelumnya. Pada sistem
terpusat, sebaliknya, pengadilan memiliki kekuatan untuk menyatakan hukum
konstitusional dan segera berlaku. Sebuah varian yang ditemukan dalam tradisi
Jerman adalah bahwa Mahkamah Konstitusi memilki dua pilihan dalam temuan
inkonstionalitas. Hal ini dapat memutuskan bahwa undang-undang batal demi hukum
atau bertentangan dengan hukum dasar. Dalam beberapa sistem dengan warisan
kontrol konstitusionalitas keputusan konstitusi untuk inkonstisionalitas tidak
mengikat. Legislatif mempertahankan beberapa kekuatan untuk menolak atau
menerima temuan pengadilan oleh suara mayoritas. Versi seperti ini berlaku di
Polandia selama hidupnya konstitusi pertama 1988-1997 dan Mongolia.
Tugas
normatif adalah untuk memilih mekanisme pengangkatan yang akan memaksimalkan
peluang bahwa hakim akan menafsirkan teks sesuai dengan niat dari penulis
konstitusi. Mekanisme Pengangkatan dirancang untuk melindungi hakim dari
tekanan politik jangka pendek namun harus memastikan akuntabilitasnya. Mueller berpendapat
bahwa persyaratan suara mayoritas untuk seleksi peradilan akan cenderung melindungi
minoritas baik di pengadilan dan legislatif dan dengan ekstensi akan cenderung
menghasilkan yang lebih moderat. Mueller juga mempertimbangkan manfaat dari
memiliki peradilan dan ketua pelaksana yang berfungsi sebagai otoritas
penunjukkan untuk peradilan. Dalam ulasannya Mueller membagi mekanisme
pengangkatan yaitu penunjukkan koperatif dan penunjukkan perwakilan. Secara
teoritis, kita juga dapat memiliki mekanisme penunjukan tunggal di mana, misalnya, seorang eksekutif dapat
menunjuk semua anggota Mahkamah konstitusi tanpa pengawasan legislatif. Contoh
yang dekat dengan ini Dewan Grand Justies
di Taiwan, yang anggotanya ditunjuk oleh presiden dari daftar calon yang
disiapkan oleh panitia yang memilih itu. Mekanisme penunjukan koperatif membutuhkan
kerja sama dari dua badan untuk menunjuk hakim konstitusi. Prosedur Amerika,
Rusia, dan Hungaria nominasi presiden diikuti oleh konfirmasi legislatif adalah
salah satu contoh. Mekanisme perwakilan memanfaatkan beberapa otoritas
penunjukan. Misalnya, di Italia sepertiga dari pengadilan sembilan anggota yang
dicalonkan oleh presiden, sepertiga oleh parlemen, dan sepertiga oleh Mahkamah
Agung. Sebagai contoh, Negara yang menganut sistem seperti ini adalah Bulgaria,
Korea dan Mongolia. sistem perwakilan memiliki kelemahan dibandingkan dengan
sistem koperatif seperti kemungkinan bahwa politisi hanya akan mencalonkan agen
murni.
Dalam
sistem Jerman, dimana setiap rumah legislatif dapat menunjuk jumlah anggota
yang sama ke Mahkamah Konstitusi, persyaratan suara terbanyak digunakan dalam
memilih hakim. Dalam sistem partai yang stabil, persyaratan suara terbanyak akan
menghasilkan hakim moderat, tapi janji tidak dapat dibuat jika ada kebuntuan.
Sistem perwakilan memastikan janji akan dibuat tetapi membuat risiko lainnya di
lapangan. Sebagai contoh, jika kepala eksekutif adalah ketua partai mayoritas
di satu atau kedua majelis parlemen, Sistem ini akan mengarah pada pengadilan
yang bersekutu dengan kepala eksekutif.
Perancang
konstitusi dapat menentukan dalam konstitusi jumlah hakim di pengadilan
hal yang penting adalah kecepatan dan
ketepatan. Semakin banyak hakim semakin banyak
musyawara yang dilakukan. Pada sisi lain hakim tunggal dalam memutuskan
sebuah kasus akan menjadi metode yang lebih mudah dalam mengambil keputusan. Keyakinan
De Gaulles adalah menyusun konstitusi untuk popularitas pribadinya dan tidak
mempercayai anggota parlemen. Hanya pemerintah yang dapat membawa kasus ke
pengadilan bukan warga biasa. Skema ini berubah pada tahun 1974 untuk
memasukkan kelompok minoritas dari DPR. Perubahan ini diinisiai oleh Presiden
Giscard d’Estaing yang memimpin partai Republik kecil. Perubahan ini memiliki
efek mendalam pada konstitusi Perancis.
Penerapan
judicial review di Afrika Selatan
pada awal 1990. Orang mungkin berpikir bahwa Kongres Nasional Afrika (ANC)
sebagai kekuatan politik yang dominan dikalangan mayoritas kulit hitam. ANC,
bagaimanapun, diperlukan untuk memberikan jaminan kepada minoritas putih dan
Zulu yang akan menghormati pandangan mereka atau risiko stabilitas proses
transisi. Minoritas ini, pada gilirannya, berusaha untuk memastikan bahwa ANC
tidak akan menginjak-injak kepentingan mereka setelah transisi tak terelakkan
untuk kekuasaan mayoritas. Desain khusus judicial
review, dalam bentuk pengadilan konstitusional khusus, juga tercermin
dinamika asuransi. Ada perdebatan yang signifikan mengenai apakah tinjauan
Konstitusi harus dilakukan oleh pengadilan biasa, didominasi oleh orang yang
ditunjuk Dari pemerintah sebelumnya atau oleh badan yang ditunjuk.
Berikut
ini adalah perbandingan supremasi mahkamah konstitusi di beberapa Negara:
Negara
|
Istilah dalam beberapa tahun
|
Jangka waktu pembaharuan
|
Jumlah hakim
|
Kewenangan untuk menunujk
|
akses
|
Brasil
|
hidup
|
|
11
|
Presiden dan persetujuan senat
|
Badan khusus, Parpol, serikat buruh
dan warga negara
|
Polandia
|
8
|
Tidak ada
|
12
|
Parlemen
|
Badan tertentu, warga negara
|
Argentina
|
hidup
|
|
5
|
Presiden dengan persetujuan senat
|
Pengadilan
|
B.
Perbandingan
Mahkamah Konstitusi di Beberapa Negara Dengan Mahkamah Konstitusi Indonesia
Mahkamah
Konstitusi merupakan lembaga Negara yang dapat digunakan untuk melakukan
pengujian konstitusionalitas. Pengujian konstitusionalitas merupakan upaya
hukum yang dapat dilakukan oleh siapa saja atau lembaga mana saja tergantung
kepada siapa atau kewenangan untuk diberikan secara resmi oleh konstitusi suatu
Negara. Akan tetapi ide pengujian konstitusionaliotas ini telah demikian luas
dan dipraktikan di dunia sebagai hasil perkembangan ketatanegaraan
masing-masing Negara. Oleh karena itu perkembangan di tiap-tiap Negara berbeda
satu sama lain.
1. Mahkamah
Konstitusi Amerika Serikat
Pengalaman
Mahkamah Agung memutuskan perkara Marbury melawan Madison pada tahun 1803
menjadi contoh dan model yang ditiru oleh seluruh dunia. Terutama oleh
Negara-negara demokrasi yang dipengaruhi oleh konstitusi Amerika Serikat. Dalam
model ini, pengujian konstitusionalitas atau peninjauan kembali (judicial review) dilakukan sepenuhnya
oleh Mahkamah Agung dengan status sebagai The
Guardian of the Constitution. Ketua dan hakim agung diangkat oleh Presiden.
2. Mahkamah
Agung Austria
Semua
hakim disahkan dengan keputusan Presiden yang berasal dari calon yang diajukkan
oleh Pemerintah Federal yaitu ketua, wakil ketua, 6 anggota dan 3 anggota
pengganti. Diajukan juga oleh Nationalrat yaitu 3 anggota, 2 pengganti dan
diajukan juga oleh Bunderast yaitu 3 anggota dan 2 pengganti. Para hakim
diperbolehkan merangkap hakim di Pengadilan biasa, Kejaksaan atau Perguruan
Tinggi, hanya yang bekerja di administrasi pemerintahan harus berhenti.
Kewenangan Mahkamah Konstitusi adalah sebagai berikut:
-
Menguji konstitusionlaitas undang-undang
dan Konstitusi Negara bagian bahkan juga hakim konstitusi.
-
Pengujian legalitas peraturan di bawah
undang-undang
-
Pengujian perjanjian internasional
-
Perselisihan Pemilihan Umum
-
Peradilan Impeachment terhadap pejabat tinggi Negara
-
Constitusional
complain
-
Sengketa keuangan antar Negara bagian
dan antara Negara bagian dengan Negara Federal.
-
Sengketa kewenangan antar lembaga
-
Memberikan penafsiran atas konstitusi.
3. Mahkamah
Konstitusi Jerman
Mahkamah
Konstitusi Jerman terdiri dari 16 hakim yang terdiri dari 2 senat (Twin Court). 8 hakim panel pertama yang
berwenang terkait masalah hukum (basic
right) dan 8 hakim panel kedua yang berwenang terkait masalah politik (constitutional review). 3 hakim dari
kedua senat harus berasal dari Pengadilan Tinggi federal dan sisanya ditentukan
oleh Parlemen yang dapat berasal dari hakim modern dan masyarakat. Masa jabatan
untuk hakim konstitusi Jerman adalah 1 periode selama 12 tahun. Pleno untuk
memberikan putusan harus dihadiri oleh 16 orang hakim yang sifat putusannya
final dan mengikat.
Kewenangan
Mahkamah Kosntitusi Jerman adalah sebagai berikut.
-
Pengujian konstitusional dalam konteks
menyelesaikan perselisihan antara Negara federal dengan Negara bagian atau
antar organ tinggi pemerintah federal.
-
Menguji undang-undang (judicial review) dimana ada 2 model
pengujian yaitu pengujian norma hukum konkrit dan pengujian norma hukum
abstrak.
-
Mengadili complain atas putusan MA
sebagai upaya luar biasa
-
Sengketa hasil Pemilu
4. Dewan
Konstitusi Perancis
Dewan
Konstitusi Perancis bukan merupakan lembaga yudikatif tetapi merupakan lembaga
politik. Tujuan dari dewan ini adalah memberikan perlindungan masyarakat dari
kediktatoran yang lahir dari sistem pemilihan. Legal standingnya adalah
Presiden dan perdana Menteri (konstitusi 1958) serta Parlemen (sejak konstitusi
1974). Organisasi Dewan Konstitusi Perancis terdiri dari 3 orang yang diangkat
oleh Presiden, 3 orang diangkat oleh Ketua Majelis Nasional, dan 3 orang
diangkat oleh ketua senat. Masa jabatannya
selama 9 tahun dengan 3 orang berhenti setiap 3 tahun, kecuali mantan
Presiden masa jabatannya seumur hidup. Syaratnya adalah hanya berumur paling
rendah berusia 18 tahun dan tidak ada prosedur khusus (pengangkatan). Kewenangan
Dewan Konstitusi Perancis adalah sebagai berikut.
-
Melakukan constitutional preview terhadap RUU (a priory abstract review)
-
Membuat peraturan tata tertib National
Assembly dans senat.
-
Meratifikasi perjanjian Internasional
(sejak konstitusi 1974)
Putusan
Dewan Konstitusi ini bersifat final dan mengikat secara erga omes.
5. Mahkamah
Konstitusi Republik Indonesia
Pasca
Undang-Undang Dasar Amandemen, terdapat beberapa pergeseran lembaga negara yang
semula terdapat lembaga tertinggi Negara dalam hal ini adalah Majelis
Permusyawaratan Rakyat (MPR), kini lembaga negara memiliki kedudukan yang sama
sebagai lembaga yang memiliki tugas dan fungsi yang berbeda. Hal itu sesuai
dengan prinsip check and balances
dimana berfungsi sebagai pengontrol terhadap kewenangan regulative baik yang
dimiliki oleh Presiden/pemerintah serta lembaga-lembaga lain yang mendapat
regulatif dari undang-undang.[1]
Format
awal dibentuknya Mahkamah Konstitusi adalah semangat membangun kekuasaan
kehakiman yang tugas dan wewenangnya
berkaitan dengan peran dan tugas kosntitusionalitas dari UUD NRI 1945.
Kekuasaan kehakiman setelah amandemen UUD NRI 1945, tetap menjadi kekuasaan
yang sangat fundamental dan sebagai bagian dari poros kekuasaan yang fungsi
menegakkan keadilan.[2]
Mahkamah
Konstitusi Republik Indonesia mempunyai 4 kewenangan dan 1 kewajiban
sebagaimana diatur dalam UUD NRI 1945. Mahkamah Konstitusi berwenang mengadili
pada tingkat pertama dan terakhir yang putusannya bersifat final untuk:
-
Menguji undang-undang terhadap UUD NRI
1945
-
Memutus sengketa kewenangan lembaga
Negara yang kewenangannya di berikan oleh UUD NRI 1945
-
Memutus pembubaran Partai Politik
-
Memutus perselisihan tentang hasil
Pemilihan Umum
Mahkamah
konstitusi juga mempunyai kewajiban untuk memberikan putusan atas pendapat DPR
bahwa Presiden dan/atau Wakil Presiden diduga:
1. Telah
melakukan pelanggaran hukum berupa penghianatan terhadap Negara, korupsi,
penyuapan, tindakan pidana lainnya.
2. Perbuatan
tercela, dan/atau
3. Tidak
lagi memenuhi syarat sebagai Presiden dan/atau Wakil Presiden sebagaimana
dimaksud dalam UUD NRI 1945.
Mahkamah
Konstitusi RI mempunyai 9 orang anggota hakim yang ditetapkan melalui Keputusan
Presiden yang terdiri dari tiga orang yang dipilih oleh DPR, tiga orang oleh
Presiden dan tiga orang oleh Mahkamah Agung. Pembagian porsi kewenangan untuk
mengajukkan calon hakim konstitusi dari tiga lembaga ini dimaksudkan untuk
menjamin agar dalam menjalankan tugas konstitusionalnya, para hakim konstitusi
akan bersifat imparsial dan independent.
KESIMPULAN
Mahkamah
Konstitusi merupakan salah satu lembaga Negara yang melakukan kekuasaan
kehakiman yang merdeka untuk menyelenggarakan pengadilan guna menegakkan hukum
dan keadilan. Kekuasaan kehakiman
merupakan kekuasaan yang merdeka untuk menyelenggarakan peradilan guna
menegakkan hukum dan keadilan, terlepas dari pengaruh kekuasaan pemerintah.Setiap
Negara mempunyai sistem ketatanegaraan yang berbeda hal ini berarti bahwa hal
mengenai kekuasaan kehakiman konstitusi setiap Negara juga berbeda.
DAFTAR
PUSTAKA
Bambang Sutiyoso dan Sri Hastuti Puspitasari, 2005, Aspek-Aspek Perkembangan Kekuasaan Kehakiman di Indonesia, Yogyakarta,
UII Press.
Jimly Asshiddiqie, 2005, Format Kelembagaan dan Pergesaran Kekuasaan Dalam UUD 1945, Yogyakarta,UII
Press.
Komentar
Posting Komentar